Anda Pengguna M-Banking? Hati-hati Jika Terima Telepon Seperti Ini atau Fatal Akibatnya

m-banking_20170106_230526

Alami penipuan, postingan wanita ini pun menjadi viral dan dibagikan di berbagai media sosial.
Awalnya ia hanya menerima telepon yang memintanya untuk mengganti kartu telepon dengan 4G.
Namun telepon tersebut ternyata memiliki tujuan lain yang sangat merugikan.
Curiga, wanita tersebut kemudian mengecek rekeningnya melalui internet banking.
Kecurigaan tersebut pun terbukti, dua rekening miliknya ternyata uangnya sudah raib.
Berikut adalah pengalaman penipuan yang dialami oleh wanita tersebut :
Teman teman mohon berhati hati ya, ini kejadian menimpa saya.
Ini kejadian baru kemarin sore.

Jadi gini jam 5 sore gw terima telp die ngakunya org indosat.
Die bilang kali kartu gw mau di nonaktifkan karena gw gak pake layanan 4g.
Sekarang smua harus pake layanan 4g.
Nah trus die suruh gw kirim sms ke 4949 dengan ketika “ganti” abis tu gw terima sms dri indosat.
Nah isi sms ada nomor pin untuk penggantian kartu 4g.
Gak lama orangnya telpon lagi dia bilang mau bantu pengaktifan die minta nomer pin yang di sms dari indosat.
Terus die minta nomer telpon gue yang lain yang bisa dihubungi sebab indosat gue akan mati sementara.

Sebelum pengaktifan kembalinya.
Nah abis itu indosat gue langsung ngeblank.
Dr situ perasaan gue gak enak.
Pas gue mau mandi gue terima sms di nomer simpati isinya passcode untuk login m-banking niaga.
Gw bingung gw khan gak melakukan login ke m-banking niaga kok ada sms passcode.
Dari sana gue mulai tambah gak enak.
Akhirnya gw cek semua rekening gue dari lewat internet banking dan ternyata benar tabungan gw BCA dan

Mandiri udah ludes uangnya.
Dan itu orang masih berusaha mau masuk ke m-banking niaga tapi gak bisa karena passcode terkirimnya ke nomer telepon yang berbeda bukan indosat.
Smoga bermanfaat yang teman-teman.
Postingan tersebut diunggah melalui media sosial Path dan kemudian di repost oleh Instagram @jenk_kelin_official.

Netizen pun ikut berkomentar dalam postingan tersebut.
“Ya harus hati hati, terima kasih infonya.”
“Astagaaahh kejam banget orang” ini…aduh jd takut.”
“Yg jelas kalo ada orang sms/telpon ngaku2 pegawai operator BUKAN pake operator resminya JELAS NIPU, krn org operator resmi pasti pake sistem provider dia klo mau hub customer nya. Dan pasti ada namanya kalo dr indosat ya pasti yg muncul di hp tulisan Indosat krn itu yg resminya!”

“Anjjiiirrr semoga yg begitu ketangkepp. Cyber crime itu maahhh.”
“Sms dari indosat kl asli dr provider hurufnya capital semua INDOSAT kl yang kecil indosat rawan penipuan. Dulu smpe konfirmasi ke operator gara2 dpt sms dr indosat huruf kecil dan ikuti langkah pengaktifan tyta pulsa ludes.” (*)