Ingat Insiden Abduh Lestaluhu Tendang Bola ke Bench Thailand? Ternyata Berbuntut Panjang

Abduh-Lestaluhu-5

Insiden tendangan bola Abduh Lestaluhu ke bangku cadangan tim Thailand saat final Piala AFF 2016 laga ke dua beberapa waktu lalu ternyata berbuntut panjang. Bek tim nasional Indonesia terbut mendapat sanksi dari Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).
Aksi Abduh tersebut saat pertandingan sudah mendapat ganjaran kartu merah. tindakan tak terpuji bek PS TNI tersebut sempat memicu kemerahan dari kubu Thailand.
Dilansir dari kompas.com, Abduh pun harus menerima sanksi tambahan dari AFC. Dia harus menerima hukuman tambahan satu larangan tampil, di luar hukuman satu laga dari kartu merah yang diterimanya.
Tidak hanya itu, Abduh juga akan mendapatkan sanksi berupa denda yang nilainya cukup tinggi, yakni sebesar 1.000 dollar AS atau sekitar Rp 13,3 juta.
Abduh sendiri pernah mencerikan alasannya melakukan tindakan tersebut. Ia mengatakan jika insiden tersebut bermula dari Timnas yang telah ketinggalan 2-0 dari Thailand. Semua pemain pun sedang mengejar ketertinggalan dengan bermain cepat.
Saat bola keluar lapangan, Abduh lalu berusaha meraih bola untuk dilempar ke dalam.
“Pas saya mau ambil bola, tapi bolanya malah dipegang dan dilempar ke belakang (oleh pemain Thailand). Dimain-mainin gitu,” ujar Abduh.
Ternyata tidak hanya Abduh yang menerima sanksi. PSSI juga mendapatkan hukuman dari AFC. Tidak hanya satau pelanggaran, PSSI dijatuhi sanksi atas dua pelanggaran sekaligus.
Pertama, PSSI dinyatakan melanggar Pasal 67 dan 68 Kode Disiplin AFC tentang pengorganisasian pertandingan dan kewajiban perilaku penonton. Hal tersebut terjadi pada semifinal pertama Piala AFF 2016 kontra Vietnam di Stadion Pakansari.
Terkait pelanggaran ini, PSSI dijatuhi hukuman denda 20.000 dollar AS yang setara dengan Rp 266,4 juta.
Kedua, PSSI dijatuhi sanksi terkait pelanggaran pada final leg pertama melawan Thailand di Stadion Pakansari. Pada pelanggaran ini, PSSI didenda sebesar 45.000 dolar AS (Rp 599,4 juta) karena melanggar Pasal 67 dan 68 dalam Kode Disiplin AFC.
Secara keseluruhan, PSSI harus menangguh denda mencapai 65.000 dollar AS (sekitar Rp 865,8 juta).

Comments

Popular posts from this blog

Hari Gini Masih Pamer Kemesraan Disomed, Iya Kalau JODOH, Kalau Enggak ..??