Setelah BBM, Presiden Jokowi Ingin Harga Semen di Papua Sama dengan Jawa

Asa-Jokowi-Benahi-Sepakbola-Indonesia-Dinilai-Terancam-Gagal

Setelah sebelumnya sukses menyamakan harga BBM di Papua, saat ini Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memiliki keinginan untuk menyamakan harga semen.
Keinginan tersebut dinyatakan oleh mantan Gubernur Jakarta itu saat menghadiri acara perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI) pada Minggu (15/1/2017) yang digelar di hotel Dharmawangsa, di daerah Jakarta Selatan.
Dengan mengenakan pakaian batik, Mantan Wali Kota Solo itu menjelaskan jika untuk mencapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, khususnya dalam bidang ekonomi semua wilayah di Indonesia haruslah merasakan hal yang sama.
Menurutnya kesetaraan harga akan semakin memperkecil gini rasio dan kesenjangan sosial yang terjadi.
“Yang belum dan dalam proses kita lakukan adalah semen. Semen juga sama, di Jawa (harganya Rp) 70 ribu, (Rp) 80 ribu. Di Puncak Jayawijaya harganya (Rp) 800 ribu sampai (Rp) 2,5 juta,” ungkap Presiden Jokowi, dikutip dari tribunnews.com.
Presiden menjelaskan untuk saat ini belum bisa diselesaikan namun untuk kedepannya akan terus diperjuangkan.
“Ini yang belum bisa kita selesaikan. Tapi insya Allah ini akan terus kita perjuangkan,” tambah Presiden.
Mengenai hal itu, Ketua Gugus Tugas Papua Universitas Gadjah Mada, Bambang Purwoko menjelaskan harga semen di Bumi Cendrawasih Rp. 70.000-Rp. 80.000 per sak di daerah pantai dan jika dibawa ke wilayah pegunungan harganya akan meningkat tajam.
Dengan tingginya biaya pengangkutan semen, Bambang menusulkan untuk ada subsidi angkutan bahan pangan dan semen di Papua.
“Karena itu saya usulkan pemerintah mensubsidi angkutannya, biaya angkut ditanggung penuh oleh pemerintah dijamin bisa wajar harganya,” papar Bambang, dikutip di detik.com.
Jika pemerintah bersedia memberikan subsidi tersebut, maka akan sangat berdampak terhadap kesenjangan yang selama ini terjadi di Papua.


Comments

Popular posts from this blog

Hari Gini Masih Pamer Kemesraan Disomed, Iya Kalau JODOH, Kalau Enggak ..??